Kamis, 03 Juli 2014

korek simpel ninja rr

Belajar Meningkatkan Tenaga putaran atas KAWASAKI NINJA 150R

Alhamdulillah,
ninja wrx
Puji syukur bagi ALLAH Swt, selalu memberikan pertolongan, melimpahkan rizky yang berkah bagi kami. Sebagaimana dikisahkan dalam hadist, “Barang siapa yang memperhatikan kepentingan saudaranya, maka Alah akan memperhatikan kepentingannya. Barangsiapa yang melapangkan suatu kesulitan sesama muslim, maka Allah akan melapangkan satu kesulitan
dari beberapa kesulitan dihari kiamat. Dan barangsiapa yang menutupi kejelekan orang lain maka Allah akan menutupi kejelekannya dihari kiamat.(H.R Bukhari dan Muslim). Dari usaha kami kecil-kecilan dahulu di garasi rumah untuk mengembangkan modifikasi mesin hingga dipertemukan untuk ber-silaturahmi dengan bos-bos yang baik, mendukung kami untuk berkembang, pun hasilnya semoga istimewa dan membawa berkah bagi pemiliknya, memotivasi kami untuk terus berpikir dan belajar demi kemajuan bersama.
4 tak – 4 tak dan 4 tak… sepertinya sudah mendarah daging di jiwa kami, padahal bukan berarti pula mesin 2 langkah itu menjadi anak tiri. Hanya saja kemampuan manusia pasti terbatas, dan tak mungkin kita menggenggam seisi dunia. Namun karena banyaknya anak muda yang lagi nge-trend modifikasi Kawasaki Ninja 150 R, mau tak mau begitu diberi kepercayaan korek mesin si Ninin maka kita juga harus wajib belajar ilmu korek mesin Ninja. Kalau ada keberhasilan itu pastinya karena kuasa Allah SWT yang memberi kemudahan, kelapangan ilmu, kalau ada kesalahan ya itu karena kekurangan kita pastinya … maka maafkanlah kalau Inul goyang , lho?! kok tembus Inul wkwkwkw… Intinya kita hanya ingin agar semuanya senang, dan tetap pada prinsip bahwa modifikasi mesin itu harus menjadi dan bisa memberi manfaat bagi banyak orang. Tapi 2 tak nya yang di modif kok cuma golongan para raja (RX King) sama Ninja ya, bukannya pilih-pilih juga sih, masa temen-temen nya pada main Super KIPS kita main Supercup kan ga update hehehe… #tepok jidat
papasan kop ninja
papasan kop ninja
Apa sih bedanya? Kalau 2 tak ga ada noken as, per klep, klep, rantai kamprat dan tetek bengek lain yang ribet di head dan kinerja mesin yang lebih ringan, serta basic tenaga mesin 2 tak standar udah kencang, lantas apa serunya?! Tantangannya adalah not to make a mistake in choosing part or do tuning . Dalam 2 tak sedikit itu lebih baik daripada berlebihan. Korekan yang kebablasan justru akan bikin power drop jauh dari kondisi standar nya. Padahal tahu sendiri cylinder block ninja harganya lumayan… Hihihi… So, disini kejelian assisten 2 tak kita , berkolaborasi membentuk sebuah karya untuk mengisi catatan kecil kita.
Mas rocky bergaya dulu hehehe
bergaya dulu hehehe
Tujuan utama modifikasi adalah selalu untuk meningkatkan torque , sama aja dengan prinsip 4tak – caranya dengan meningkatkan kompresi, karena disitu sumber tenaga berasal. Kop diusung ke meja bubut dilakukan pemapasan kop sebanyak 0,8mm kemudian membentuk ulang squish dengan kemiringan 13 derajat lebar squish 8mm. Mengapa tidak disamakan dengan derajat piston yang berada di tirusan 12 derajat? Tentu agar kompresinya tidak terlalu tinggi. Beda jika untuk spec semi balap , bisa dibikin 12 derajat, atau kalau mau untuk balap mungkin bisa dicoba squish kemiringan 11 derajat diatur sesuai kompresi yang diinginkan. Untuk head ninja jangan lupa diberikan Nat 0,3 mm diameter squish 59mm. Soalnya ya bisa dilihat sendiri clearance piston ninja tipis banget di bibir blok. Kalau mau coba ga make nat trus seker nubruk kop dan stang kena ya monggo hihihi, tapi resiko ditanggung pemirsa ya.
masih seputar porting ninja 2tak
masih seputar porting ninja 2tak
Untuk modifikasi area cylinder block kita menggoyangkan bor tuner ke lubang di dalam blok, sasaran utama tentunya lubang exhaust. Di lebarkan jadi 40mm supaya tenaga lebih merata besar nya di putaran atas, total tinggi porting exhaust sampai TMA dibikin jadi 31mm ini sama aja memperlama durasi exhaust mengimbangi kompresi yang naik dari papasan kop, lubang transfer bahan bakar ditinggikan 0,5mm rata.   Sebenernya ini sih masih ilmu ATM (Amati , Tiru, Modifikasi ) dari ukuran blok cylinder PDK Gold hahaha… jadi Blok silver pun berasa jadi Emas, ga usah perlu beli yang mahal-mahal, bismillah MURah MERiah kenCENG ^_^ Hasilnya alhamdulillah emang tenaga melonjak 30 % di putaran atas.
Petal membran standar di lengserkan diganti type carbon, keuntungannya katup ini tidak mudah retak atau pecah terkena tekanan silinder tinggi sehingga bisa di pastikan motor ga akan ngacau atau susah untuk di hidupkan. Pengennya sih pasang Vforce supaya kalo di 4tak itu kaya pasang head klep gede, tapi nge tes bahan carbon fiber yang ringan dan lentur ini dulu aja lah biar tampak luar standar tapi daya tahan tinggi.
Dynograph ninja standar turing 31dk
Dynograph ninja standar turing 31dk
Kampas kopling pakai punya yamaha Scorpio , pir kopling diganti merk TDR – Racing, mengimbangi torsi dari karburator yang di reamer jadi venturi 30mm dengan komposisi main jet basah tentu supaya putaran atas ngga gampang macet pistonnya. Pilihan knalpot ngga’ pernah main-main , apalagi untuk mesin 2 tak. WRX salah satu tuner knalpot ternama di Indonesia kita percaya untuk menjadi pamungkas , karena sudah banyak terbukti di motor-motor korekan 4 tak kita baik untuk harian, semi maupun full race. Toh hasilnya WRX sangat memuaskan, dari segi suara , performa, maupun penampilan… josss!!!
Meski test rider kita sudah mencoba gigi 6 nya yang nembus 180 kpj on road tapi gas belum habis, Ngga asyik bila hasil modifikasi tidak di nilai di atas meja dyno. Hasilnya Peak power didapat 31dk @ 10,500 rpm dari standar nya yang ada di 26 dk, dan power di 12,000 rpm bertahan di 30,2 dk dari standarnya yang 23 dk. Disyukuri dahulu , karena dengan ilmu syukur pasti nanti berdatangan ninja-ninja yang ingin dikorek lebih gila lagi karena kami melihat masih banyak yang bisa di terapkan di mesin ini meski dengan kapasitas mesin standar. Terpenting…
kalau buat balap kudu lebih detail nih
kalau buat balap kudu lebih detail nih
TETAP SEHAT !! TETAP SEMANGAT !! BIAR BISA MODIFIKASI MESIN TIAP HARI

Tidak ada komentar: